Sablon, sablon atau serigrafi adalah teknik seni grafis yang menciptakan gambar bermata tajam menggunakan stensil. Biasa digunakan untuk mencetak kaos, topi, tas jinjing, cd/dvd, poster, stiker bumper dan masih banyak lagi. Ada banyak bahan dan bentuk yang bisa disablon antara lain keramik, kayu, plastik, kaca, logam dan kertas.

Bahan yang digunakan dalam sablon sangat terjangkau dan sebagian besar peralatan yang digunakan dapat dibuat di rumah dengan biaya yang sangat rendah.

Item minimum yang diperlukan untuk sablon adalah:

  • Layar
  • penyapu
  • Scoop Coater
  • Sumber cahaya eksposur
  • Emulsi sensitif cahaya
  • Tinta
  • Layar

Sablon sablon adalah bingkai kayu atau logam yang dilapisi dengan jaring kain yang diregangkan yang menempel pada bingkai. Mesh memiliki lubang di dalamnya yang memungkinkan tinta mengalir melalui layar. Mesh dinilai dalam berapa banyak dan berapa ukuran lubangnya. Ini akan menentukan berapa banyak tinta yang melewati layar dan ke media atau bahan yang sedang dicetak.

Layar dapat dibuat atau dibeli dengan jaring yang telah diregangkan dan dilampirkan. Membeli layar yang telah direntangkan sebelumnya adalah cara terbaik untuk memulai.

penyapu

Alat penyapu digunakan untuk mendorong tinta melalui layar dan ke media. Squeegee juga akan mengkilat atau memotong tinta sehingga menghasilkan gambar yang tajam. Mereka datang dalam berbagai ukuran dan durometer. Durometer adalah satuan ukuran untuk kekerasan bagian karet dari squeegee. Mereka juga datang dalam bentuk persegi atau bulat dengan pegangan logam atau kayu.

Menurut pendapat saya, penyapu terbaik untuk memulai adalah pisau persegi 70 durometer. Itu akan memberikan fleksibilitas yang baik dan tepi persegi akan mencukur tinta.

Sumber cahaya eksposur

Sumber cahaya eksposur adalah setiap cahaya yang mengeluarkan sinar ultra violet (UV). Sebagian besar sumber cahaya mengeluarkan UV tetapi beberapa mengeluarkan lebih dari yang lain. Semakin banyak UV yang dihasilkan sumber cahaya, semakin cepat Anda mengekspos layar. Contoh sumber cahaya yang dapat Anda gunakan adalah:

  • Matahari
  • Lampu Hitam Tanpa Filter
  • Lampu Kerja Halogen
  • Uap Merkuri
  • Logam halida

Matahari adalah sumber yang paling murah tetapi sulit untuk mengontrol waktu paparan. Banyak orang memulai dengan lampu kerja halogen $8 dari toko perbaikan rumah setempat.

Emulsi Sensitif Cahaya

Emulsi diterapkan pada jaring layar dan memblokir semua lubang kecuali di mana gambar berada. Emulsi sensitif terhadap sinar UV dan akan mengeras atau menyembuhkan di daerah yang terkena sinar UV. Seni dicetak pada lembaran plastik bening atau buram dan kemudian ditempatkan pada layar yang dilapisi dengan emulsi. Cahaya diblokir di area seni dan tetap tidak diawetkan. Emulsi yang tidak diawetkan dapat dicuci dan emulsi yang diawetkan yang tersisa akan menghalangi tinta.

Tinta

Tinta datang dalam berbagai jenis tergantung pada bahan yang akan dicetak. Yang paling umum untuk pencetakan t-shirt adalah Plastisol. Plastisol bukan tinta sama sekali, Ini adalah plastik cair yang akan mengeras atau mengering jika terkena panas minimal 320 derajat. Setelah plastisol sembuh, kemeja bisa dipakai.

Jenis tinta print sablon DTF lainnya adalah berbasis air yang membutuhkan waktu untuk mengering. Tinta berbasis air akan mengering di layar jika Anda tidak membanjiri layar di mana plastisol tidak akan pernah mengering sampai terkena panas. Untuk pencetakan yang sering, beberapa printer akan meninggalkan plastisol di layar selama berbulan-bulan.